Rombongan imam menurut tradisi Israel

Menurut Talmud Yerusalem Traktat Taanith mengenai Puasa dan Hari Puasa yang mencatat perkataan Rabbi Yose ben Halafta pada sekitar tahun 150 Masehi atau 80 tahun setelah peristiwa penghancuran Bait Allah Yerusalem, kelompok imam yang bertugas saat bangunan ibadah itu dihancurkan oleh pasukan kafir Rumawi kuno pada tahun 70 Masehi adalah kelompok Yoyarib.

Relief penghancuran Bait Allah di Yerusalem oleh Titus dari Romawi pada tahun 70 Masehi. Relief ini dibuat tahun 82 Masehi atas perintah Kaisar Domitian.
Relief penghancuran Bait Allah di Yerusalem oleh Titus dari Romawi pada tahun 70 Masehi. Relief ini dibuat tahun 82 Masehi atas perintah Kaisar Domitian.

Dari mana kita tahu bahwa Bait Allah kedua juga hancur pada tanggal 9 Ab? Kami telah mempelajarinya di Boraitha: “Sebuah peristiwa bahagia disematkan kepada suatu hari di mana peristiwa bahagia yang lain terjadi, sementara bencana dianggap berasal dari hari ketika musibah lain terjadi,” dan diceritakan bahwa ketika Bait Allah yang pertama dihancurkan, hal itu terjadi pada malam sebelum tanggal 9 Ab, yang juga merupakan malam dekat Sabat dan juga menutup tahun Sabat. Yang bertugas pada waktu itu adalah dari Yehoiarib, dan orang-orang Lewi tersebut bertilawat pada tempat yang tepat, pada saat membaca bagian xciv [Mazmur 94]: “Dan ia akan membalas kepada mereka perbuatan jahat mereka, dan karena kejahatan mereka, Ia akan membinasakan mereka” [Lihat Mazmur 94:23]; dan mereka tidak punya waktu sampai akhir bagian yang menyimpulkan, “ya, — TUHAN, Allah kita — akan membinasakan mereka”, musuh langsung masuk dan menguasai Bait Allah. Hal ini terjadi juga pada kehancuran Bait Allah yang kedua.” (http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/Talmud/taanit4.html)

Yoyarib adalah rombongan pertama imam yang bertugas. Mengenai rombongan imam dapat dilihat dalam 1 Tawarikh 24:7-18 sebagai berikut:

  1. Yoyarib
  2. Yedaya
  3. Harim
  4. Seorim
  5. Malkia
  6. Miyamin
  7. Hakos
  8. Abia
  9. Yesua
  10. Sekhanya
  11. Elyasib
  12. Yakim
  13. Hupa
  14. Yesebeab
  15. Bilga
  16. Imer
  17. Hezir
  18. Hapizes
  19. Petahya
  20. Yehezkel
  21. Yakhin
  22. Gamul
  23. Delaya
  24. Maazya.

Karena penghancuran Bait Allah Yerusalem terjadi pada tanggal 9 Ab 70 M, yaitu pada hari Sabat atau hari Sabtu, maka hal itu berarti, rombongan Yoyarib bertugas pada minggu yang dimulai tanggal 9 Ab hingga tanggal 16 Ab.

Berdasar aturan, antara tugas rombongan imam ke-1 dan ke-8 terdapat hari raya yang mengharuskan seluruh imam bertugas secara bersama-sama, yaitu hari raya Rosh Hashanah dan Yom Kippur. Jika Abia adalah rombongan imam ke-8, maka jadwal tugas rombongan imam Abia adalah:

Minggu ke-8 + 1 minggu = minggu ke-9

Minggu ke-9 dari sejak tanggal 9-16 Ab adalah tanggal 15-21 Tishri 3831.

Perhitungan jadwal rombongan Abia dari Talmud ini sesuai dengan perhitungan yang didasarkan Injil Lukas tentang momen dimana Gabriel mendatangi Zakharia yang telah kita bahas di awal.

Kesaksian Rabbi Yose ben Halafta (±150 M) bahwa jadwal tugas rombongan imam dimulai bulan Av itu sesuai dengan indikasi yang dapat kita temukan dalam kitab Ezra 7:8-10.


Version

English | Bahasa Indonesia

 

Iklan

2 thoughts on “Rombongan imam menurut tradisi Israel”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s