Ulangan 12:30-32 bukan tentang Natal

Ulangan 12:30-32 sering digunakan secara keliru untuk mendukung argumen anti-Natal 25 Desember. Padahal, ayat ini sama sekali tidak berhubungan dengan Natal.

Taurat, termasuk kitab Ulangan, diturunkan pada sekitar tahun 1250 SM. Terdapat selisih waktu selama 12,5 abad dengan Natal pertama kali dirayakan pada tahun 5 SM.

Ulangan 12:30-32 mengisahkan tentang bangsa-bangsa penghuni tanah Kanaan (Palestina) pada saat Taurat itu diturunkan. Ayat tersebut bukan tentang umat Al-Masih. Mari kita simak lengkapnya:

  1. “Apabila TUHAN, Allahmu, telah melenyapkan dari hadapanmu bangsa-bangsa yang daerahnya kaumasuki untuk mendudukinya, dan apabila engkau sudah menduduki daerahnya dan diam di negerinya,
  2. maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang tuhan mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada tuhan mereka? Akupun mau berlaku begitu.
  3. Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap ALLAH, Tuhanmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi ALLAH, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi tuhan mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi tuhan mereka.
  4. Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya. (Ulangan 12:30-32)

Kata “mereka” pada Ulangan 12:30-32 merujuk kepada bangsa-bangsa penghuni tanah Kanaan, bukan merujuk kepada umat Al Masih. Disini kita melihat strategi mengutip ayat hanya dimulai dari ayat 30 agar kata “mereka” dapat dimanipulasi dan dipelintir agar dapat digunakan untuk menembak umat Al Masih. Bila dikutip dari ayat 29, jelas terlihat ayat itu mengenai bangsa-bangsa penghuni tanah Kanaan.

Jadi, penggunaan ayat tersebut kepada Natal dan umat Al Masih sama sekali tidak tepat sasaran dan malah jelas sekali salah dalil dan pelintiran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s