Pekan Natal, 25-31 Desember

Pekan Natal diawali dengan misa tengah malam atau kebaktian tengah malam pada jam 00 tanggal 25 Desember. Catatan tertua yang masih bertahan mengenai tradisi misa tengah malam ini dilembagakan St. Telesphorus yang menjadi pemimpin mazhab Barat pada tahun 126-137 Masehi.1 Dapat kita katakan, kebaktian tengah malam adalah kebiasaan jemaat mula-mula yang masih terus dilestarikan oleh sebagai besar umat Al-Masih selama hampir 2000 tahun hingga saat

Fakta bahwa komunitas Al-Masihin selain golongan Katolikisme yang tidak menginduk ke pusat Roma juga melakukan kebaktian tengah malam mengindikasikan bahwa misa tengah malam bukan inisiatif St. Telesphorus. Hal ini mengindikasikan St. Telesphorus hanya sekadar membakukannya saja dalam kalender kelembagaan (institusionalisasi).

Pekan Natal berlangsung hingga tanggal 31 Desember. Biasanya ditutup dengan kebaktian malam tahun baru pada pukul 00:00 tanggal 1 Januari.

Pada jaman dulu, pekan Natal diisi dengan acara-acara kekeluargaan dan kemasyarakatan, selain juga acara keagamaan seperti pembacaan bagian tertentu dari Alkitab. Karena itu, pada jaman dulu, pekan Natal biasanya jadi hari libur kerja.

Jaman sekarang, pasca reformasi 1998, kekuatan anti-Injil dan anti-Natal Kristus mencengkeram kuat birokrasi pemerintahan, parlemen, dan media massa lokal hingga nasional, sehingga perayaan Natal biasa dihantam dengan beragam fitnah, substitusi acara Natal dengan acara agama lain (biar tidak terasa nuansa Natal), dan dipendekkan liburnya hanya tanggal 25 Desember saja serta libur pekan Natal dihapuskan, sehingga pekan Natal dikurangi nuansanya.

Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. (Lukas 10:3)


Bibliografi

1http://catholicherald.com/stories/Was-Jesus-really-born-Dec-25,24876; akses 7/5/2015 22:23

Iklan

4 thoughts on “Pekan Natal, 25-31 Desember”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s