Bintang sebagai simbol malaikat

Kata “bintang” dalam Alkitab dapat bermakna literal atau bermakna simbolik.

Contoh kata “bintang” dalam makna literal adalah Kejadian 15:5.

Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: “Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.” Maka firman-Nya kepadanya: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” (Kejadian 15:5)

Contoh kata “bintang” dalam makna simbolik adalah Wahyu 1:20 dan Daniel 8:10.

Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat. (Wahyu 1:20)

Ia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit, dan dari bala tentara itu, dari bintang-bintang, dijatuhkannya beberapa ke bumi, dan diinjak-injaknya. (Daniel 8:10)

Seperti yang kita baca dari Wahyu 1:20, kata “bintang” dalam makna simbolik, dengan kata lain, simbol bintang, merujuk kepada malaikat.

Pengetahuan sederhana ini penting dalam memahami keanehan perilaku bintang dalam Matius 2:2 yang menyerupai perilaku makhluk hidup: terlihat di Timur, menuntun mereka hingga Israel, bergerak mendahului di depan mereka, dan berhenti di atas tempat Isa Al-Masih berada.

Mereka bertanya-tanya, “Di manakah raja bani Israil yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur, dan kami datang untuk sujud di hadapan-Nya.” (Matius 2:2)

Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. (Matius 2:9)

Pengetahuan tentang simbol bintang yang merujuk ke malaikat dalam alam berpikir bangsa Israel kuno menjelaskan keanehan perilaku bintang yang menyerupai perilaku makhluk hidup yang dikisahkan oleh Matius.

Iklan

One thought on “Bintang sebagai simbol malaikat”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s