Rekaman sejarah sekuler dari Josephus (37-100 M) tentang Isa Al-Masih (Yesus Kristus)

Yoseph ben Matityahu (Ibrani: יוסף בן מתתיהו) alias Josephus adalah sejarawan sekuler berkebangsaan Yahudi yang hidup pada tahun 37-100 Masehi. Dia bukan umat Al-Masih. Menariknya, investigasi sejarah Israel yang dilakukannya menghasilkan laporan historis tentang Isa Al-Masih alias Yesus Kristus, sebagaimana tertulis dalam kitab sejarahnya.3

Josephus (37-100 M)
Josephus (37-100 M)2

Now there was about this time Jesus, a wise man, if it be lawful to call him a man; for he was a doer of wonderful works, a teacher of such men as receive the truth with pleasure. He drew over to him both many of the Jews and many of the Gentiles. He was [the] Christ. And when Pilate, at the suggestion of the principal men amongst us, had condemned him to the cross,  those that loved him at the first did not forsake him; for he appeared to them alive again the third day; as the divine prophets had foretold these and ten thousand other wonderful things concerning him. And the tribe of Christians, so named from him, are not extinct at this day.1

josephusPictureLestrange
Josephus (37 M – 100 M)2

Di sekitar waktu ini, ada seorang bijak bernama Yesus, itu kalau tepat untuk menyebutnya orang; karena dia adalah pelaku mujizat yang mengagumkan, guru dari orang-orang yang menerima kebenaran dengan senang hati. Dia menarik banyak orang Yahudi dan juga bangsa-bangsa lain untuk datang kepadanya. Dia adalah Mesias (Al-Masih). Dan ketika Pilatus, atas saran dari tokoh-tokoh bangsa kita, telah menjatuhkan hukuman salib, orang-orang yang mencintainya sejak awal tidak meninggalkan-Nya; karena ia menampakkan diri kepada mereka hidup kembali pada hari ketiga; sebagaimana yang telah dinubutakan oleh para nabi ilahi dan puluhan ribu mujizat mengagumkan lainnya mengenai dia. Dan suku Kristen, dinamakan begitu dari gelarnya, tidak punah pada saat ini.

Sejarah sekuler ini paralel dengan rekaman sejarah dalam Injil yang juga dicatat pada abad 1 Masehi.

Poin-poin dari laporan historis  Josephus adalah:

  1. Sosok Yesus Kristus alias Isa Al-Masih adalah manusia riil yang betul-betul ada, bukan fiksi, bukan mitos, dan bukan imajinasi.
  2. Isa Al-Masih dikenal sebagai orang bijak.
  3. Isa Al-Masih dikenal melakukan banyak mujizat yang mengagumkan.
  4. Orang Israel kala itu mengharapkan Isa sebagai Al-Masih alias Mesias atau Raja Yang Dilantik oleh Allah.
  5. Isa adalah guru kebenaran.
  6. Isa punya banyak murid yang menerima kebenaran dari Isa dengan senang hati.
  7. Orang yang datang kepada Isa berasal dari orang Israel dan juga dari bangsa-bangsa lain.
  8. Pontius Pilatus (gubernur Romawi atas Yudea) menjatuhkan hukuman mati kepada Isa Al-Masih dengan cara disalibkan. Saran diberikan oleh sejumlah tokoh bangsa Yahudi.
  9. Isa hidup kembali pada hari ketiga dan menemui para murid.
  10. Umat Al-Masih tetap mengikuti Isa Al-Masih setelah wafat dan hidup kembalinya Isa Al-Masih.

Ini laporan sejarah sekuler lho, bukan laporan sejarah dalam Injil. Namun, seperti yang kita lihat, laporan sejarah sekuler tersebut berpadanan dengan catatan yang tertera dalam Injil.


Bibliography

1The Antiquity of the Jews, Buku XVIII, Bab 3, paragraf 3, saran terjemahan oleh William Whiston http://www.gutenberg.org/files/2848/2848-h/2848-h.htm#link182HCH0003 ; akses 28/3/2015 11:58.

2http://josephus.org/ ; akses 28/3/2015 12:44.

3Naskah dalam bahasa asli silakan akses ke http://www.perseus.tufts.edu/hopper/text?doc=Perseus%3atext%3a1999.01.0145

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s