Haddon Sundblom (1931) & Coca Cola®: Otak dibalik karikatur Sinterklas versi bisnis

Pada dasawarsa 1931, Coca Cola® mempekerjakan Haddon Sundblom (1899-1976), seniman, untuk menggunakan karikatur St. Nikolas dalam iklan produk Coca-Cola.1 Inilah pertama kali seni karikatur St. Nikolas alias Sinterklas versi Thomas Nast bertemu dengan kepentingan bisnis. Coca-Cola bermaksud menggunakan Sinterklas untuk mendongkrak penjualannya selama bulan Desember di seputar Natal.

Inspirasi Sundblom berasal dari St. Nikolas versi Sastra dari puisi “A Visit From St. Nicholas” karya Clement Clarke Moore dan karikatur St. Nikolas versi Thomas Nast 1881. Bandingkan kemiripan antara karikatur Sinterklas karya Thomas Nast dan karya Sundblom Coca Cola berikut ini.

Karikatur Sinterklas (St. Nikolas, Santa Klaus) karya Thomas Nast, 1881.
Karikatur Sinterklas (St. Nikolas, Santa Klaus) karya Thomas Nast, 1881.

 

Karikatur St. Nikolas (Sinterklas) karya Sundblom untuk iklan produk Coca Cola pada dasawarsa 1920an.
Karikatur St. Nikolas (Sinterklas) karya Sundblom untuk iklan produk Coca Cola pada dasawarsa 1920an.

 

Karikatur St. Nikolas/ Sinterklas versi Sandblom untuk iklan Coca Cola 1955
Karikatur St. Nikolas/ Sinterklas versi Sandblom untuk iklan Coca Cola 1955

Sinterklas versi Sundblom tidak segemuk versi Nast, juga menggunakan topi malam (nightcap) yang lebih panjang. Karena topi tidur ini dipakaikan Sandblom pada karikatur Sinterklasnya, maka, sekitar setengah abad kemudian, orang menyebut topi ini dengan nama pasaran topi sinterklas. Dan, pada tahun 2014, 83 tahun setelah karikatur itu terbit, sejumlah agamawan Islam mengharamkan topi tidur ini karena dipakaikan Sandblom ke karikatur karyanya . Bayangkan, topi tidur warna merah dan putih diharamkan karena dipakaikan seorang pelukis karikatur dalam karyanya pada tahun 1931!

Topi tidur yang sejenis dengan ini digunakan oleh Sundblom dalam karikatur Sinterklas versinya pada tahun 1931. Selepas tahun 2000, topi tidur ini punya nama pasaran baru, yaitu "topi sinterklas", dan pada tahun 2014, beberapa agamawan Islam mengharamkan topi tidur ini dengan alasan topi khas Natal. (Hush! Jangan ketawa!!! ^_^ )
Topi tidur yang sejenis dengan ini digunakan oleh Sundblom dalam karikatur Sinterklas versinya pada tahun 1931. Selepas tahun 2000, topi tidur ini punya nama pasaran baru, yaitu “topi sinterklas”, dan pada tahun 2014, beberapa agamawan Islam mengharamkan topi tidur ini dengan alasan atribut Natal. (Hush! Jangan ngakak!!! ) Ini atribut iklan Coca-Cola, bukan atribut Natal dan bukan lambang Natal. Atribut Natal itu cahaya/ terang.

Iklan Coca-Cola dengan figur Sinterklas sangat sukses. Secara pelan tapi pasti, sejak tahun 1931, karikatur Sinterklas yang dikenal publik hanya tinggal Sinterklas versi Sundblom-Coca Cola dan menggeser karikatur versi lain.

Perusahaan-perusahaan lain yang melihat kesuksesan iklan Coca-Cola, lantas mengikuti jejak perusahaan ini dengan memanfaatkan karikatur Sinterklas versi bisnis ini. Iklan perusahaan-perusahaan raksasa menyebar ke seluruh dunia.

Akibatnya, masyarakat berbagai bangsa pada saat ini lebih mengenal karikatur St. Nikolas versi bisnis dari Amerika Serikat ketimbang sosok asli St. Nikolas versi sejarah dari Turki yang jadi model dari karikatur tersebut.

Sinterklas versi sejarah (belakang), karikatur Sinterklas versi seni (kiri), dan karikatur Sinterklas versi bisnis (kanan)
Sinterklas versi sejarah (belakang), karikatur Sinterklas versi seni sastrakarikatur (kiri), dan karikatur Sinterklas versi bisnis (kanan)

Fakta bahwa umumnya masyarakat lebih mengenal karikatur Sinterklas versi Coca-Cola menunjukkan kekuatan iklan Coca-Cola pada level global.


Bibliografi

1http://www.coca-colacompany.com/stories/coke-lore-santa-claus; akses 6/4/2015 19:20

2http://www.coca-cola.co.uk/about-us/heritage/christmas/haddon-sundblom-coca-cola-santa.html; akses 6/4/2015 19:36

3http://www.hymnsandcarolsofchristmas.com/santa/sundblom_santa.htm; akses 6/4/2015 19:46

4http://www.hymnsandcarolsofchristmas.com/santa/sundblom_santas.htm; akses 6/4/2015 19:55

5https://thisisnotadvertising.wordpress.com/2012/12/14/haddon-sundblom-for-coca-cola-the-man-who-painted-christmas/; akses 6/4/2015 19:57

6http://www.stnicholascenter.org/pages/origin-of-santa/; akses 19:57

 

Iklan

8 thoughts on “Haddon Sundblom (1931) & Coca Cola®: Otak dibalik karikatur Sinterklas versi bisnis”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s