Kronologi kelahiran Isa Al-Masih (Yesus Kristus)

 

  1. 15 Tishri 3756 Kalender Ibrani alias 26 September 6 SM Kalender Julian: Jibril alias Gabriel mendatangi Zakharia pada Hari Raya Sukkot (Lukas 1: 10-11 ).
  2. 16 Tishri 3756 setelah matahari terbenam: Zakharia segera berangkat pulang ke rumahnya di Hebron setelah tugasnya selesai. Kerinduan hatinya untuk mempunyai anak (Lukas 1:23) mendorongnya untuk segera pulang ke rumahnya dan menemui istrinya. Implikasinya, Zakharia tidak bermalam di Yerusalem dan melakukan perjalanan malam dari Yerusalem ke Hebron.
  3. 16 Tishri 3756 pagi: Zakharia tiba di Hebron. Perkiraan waktu ini diperoleh dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh Yerusalem-Hebron dengan jalan kaki pada malam hari dan Zakharia yang telah berumur lanjut.
  4. Setiba di rumahnya, Zakharia beristirahat setelah bekerja 24 jam di bait Allah Yerusalem ditambah berjalan kaki selama sekitar 11 jam 35 menit.
  5. 17 Tishri 3756 malam: Awal kehamilan Elisabet, istri Zakharia.
  6. 17 Nisan 3756 Kalender Ibrani (25 Maret 5 SM Kalender Julian): Jibril/ Gabriel datang ke Maryam dan tanggal Maryam mulai hamil (Injil Lukas 1:26-27, 36). Jibril datang kepada Maria sebelum Maria hamil. Saat Jibril menyampaikan firman Allah, saat itu pula Maria mengandung Isa Al-Masih.
  7. Maria bergegas berangkat ke Elisabet dan tinggal di rumah Elisabet selama 3 bulan. Dalam kurun waktu ini, ia tidak bertemu Yusuf.
  8. 24 Juni 5 SM Kalender Julian: Elisabet, istri Zakharia, melahirkan Yohanes Pembabtis. Beberapa hari kemudian, Maria pulang kembali ke kotanya.
  9. Tammuz 3756: Yusuf bertemu lagi dengan Maria setelah usia kehamilan Maria 3 bulan dan ia mengetahui bahwa Maria hamil atas kuasa dari Dzat Allah atau Roh Kudus (Matius 1: 18).
  10. Jibril datang kepada Yusuf agar Yusuf memperistri Maria (Matius 1:20-25) dan agar memberi nama anak itu Isa/ Yesus. Jibril datang ke Yusuf setelah Maria hamil 3 bulan. Yusuf taat mengikuti firman Allah yang disampaikan oleh Jibril.
  11. Yusuf dan Maria berangkat ke Betlehem.
  12. 25 Desember 5 SM Kalender Julian: Isa Al-Masih alias Yesus Kristus lahir. Ini diperingati dengan Natal setiap tanggal 25 Desember Kalender Julian maupun Kalender Gregorian.

Manakala keping-keping puzzle kebenaran berada di tempat yang tepat, maka tersusunlah gambaran tanpa kontradiksi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kegagalan dalam menyusun keping-keping ini menghasilkan gambaran yang berantakan dan kontradiksi semu seperti yang dipamerkan oleh sejumlah agamawan.

Iklan

3 thoughts on “Kronologi kelahiran Isa Al-Masih (Yesus Kristus)”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s