5 sebab kenapa Natal dirayakan dan diperingati

Hari Natal diperingati selama berabad-abad, dimulai dari perayaan Natal pertama oleh para malaikat dan gembala, hingga sekarang. Hal ini menimbulkan pertanyaan, kenapa Natal dirayakan dan kenapa umat Al-Masih atau pengikut Kristus begitu antusias menyambut kedatangan hari Natal.

Sekurang-kurangnya ada 5 sebab kenapa Natal dirayakan dan diperingati oleh umat Al-Masih di berbagai penjuru bumi.

  1. Turunnya Ilmu Allah atau Kalimat dari Allah menjadi manusia (Yohanes 1:14). Dari perspektif ini, Natal beranalogi dengan nuzulul Qur’an.
    Berkali-kali Ilmu Allah diturunkan jadi kitab (Taurat, Zabur, Hikmah, dsb), tapi hanya satu kali saja Ilmu itu turun jadi manusia. Dari sekian milyar tahun, Kalam Allah cuma 1 kali turun jadi manusia, inilah Natal atau Milad Al-Masih. Inilah keistimewaan Natal.
  2. Kelahiran kodrat manusia Isa Al Masih. Dari perspektif ini, Natal atau Milad Al-Masih beranalogi dengan Maulid Nabi atau beranalogi dengan ulang tahun Anda. Anggaplah ini ulang tahun tokoh terkenal.
  3. Diteladankan dan diperintahkan dalam Alkitab. Tentang hal ini sudah kita bahas dalam posting “Dalil Perayaan Natal dalam Injil“, silakan diklik dan disimak.
  4. Warisan leluhur umat Al-Masih abad 1-3 Masehi yang perlu dilestarikan, agar tidak punah ditelan jaman. Aspek kulit perayaan Natal dapat disesuaikan dengan perkembangan jaman. Namun intinya tetap, yaitu memperingati kelahiran Isa Al-Masih ke dunia ini, bukan memperingati Sinterklas.  😀
  5. Perayaan Natal hanya terjadi 1 tahun sekali, sehingga dipandang sebagai momen istimewa.

Jika Anda mempunyai alasan lain untuk merayakan dan memperingati Milad Al-Masih atau Natal Kristus, silakan tulis dalam kolom komentar di bawah ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s