Maria-Yusuf ke Bethlehem dalam rangka sensus atau mudik lebaran?

Disinformasi

Yusuf dan Maria pulang ke Betlehem itu pulang kampung (mudik) dalam rangka Hari Raya Tabernakel (Hari Raya Pondok Daun/ Sukkot).

Sebenarnya….

Mengenai sebab Yusuf dan Maria ke Betlehem, kota asal Daud leluhurnya, tertulis secara eksplisit dalam kitab Lukas 2:2-5.

Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia Romawi. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi penguasa di Siria. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem,  — karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud —, supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. (Lukas 2:1-5)

Ayat 1 menyebutkan perintah Kaisar Romawi untuk sensus penduduk. Pelaksaan sensus di wilayah Siria terjadi pada abad 5 SM oleh Kirenius, ini disebut sensus pertama Kirenius (ayat 2). Ayat 3 menyebutkan dampak dari perintah Kaisara Romawi dan pelaksanaan perintah itu, yaitu: orang mendaftarkan diri di kotanya masing-masing. Ayat 3 secara eksplisit menyebutkan bahwa motif orang kembali ke kota asalnya adalah untuk mengikuti sensus penduduk. Ayat 4 mengisahkan Yusuf dan Maria juga sama seperti penduduk lainnya, yaitu kembali ke kota asalnya. Alasan kembalinya Yusuf dan Maria ke Betlehem disebutkan secara eksplisit dalam ayat 5, yaitu untuk mengikuti sensus penduduk.

supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. (Lukas 2:5)

Bacaan secara teliti dan cermat pada ayat 1-5 tersebut di atas, sebenarnya yang membuat orang-orang Yahudi pulang mudik adalah sensus penduduk, bukan mudik hari raya tabernakel (sukkot, pondok daun), juga bukan mudik hari raya apapun. Hari Raya Pondok Daun atau Hari Raya Tabernakel (Sukkot) bukan hari raya yang mendorong warga untuk pulang kampung, justru sebaliknya, Hari Raya ini mewajibkan semua orang Israel (termasuk Yahudi), khususnya yang laki-laki, untuk pergi ke Yerusalem, yaitu ke Bait Allah Yerusalem alias Ka”bah Sulaiman.

Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku.  Hari raya Roti Tidak Beragi haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, sebab dalam bulan itulah engkau keluar dari Mesir, tetapi janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa.  Kaupeliharalah juga hari raya menuai,(i) yakni menuai buah bungaran dari hasil usahamu menabur di ladang; demikian juga hari raya pengumpulan hasil pada akhir tahun, apabila engkau mengumpulkan hasil usahamu dari ladang. Tiga kali setahun semua orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN. (Keluaran 23:14-17)

Gambaran bahwa seluruh umat Israel berkumpul berdoa di Bait Allah pada hari Raya Pondok Daun dapat kita temukan dalam Lukas 1:10-11.\r\n

Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ. Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. (Lukas 1:10-11)

Ayat 10 mengisahkan seluruh umat Israel berkumpul di luar ruangan Kudus dan Maha Kudus. Ini menunjukkan bahwa kedatangan Jibril ke Zakharia dalam Lukas 1:10 itu terjadi pada saat Hari Raya Pondok Daun (Hari Raya Tabernakel/ Sukkot).

Hari Raya Pondok Daud dirayakan dengan membuat pondok dari daun.
Hari Raya Pondok Daud dirayakan dengan membuat pondok dari daun.

Simpulan

  1. Motif Yusuf dan Maria ke Betlehem adalah dalam rangka mengikuti sensus penduduk, bukan mudik hari raya apapun.
  2. Hari Raya Tabernakel (Sukkot/ Pondok Daun) memerintahkan orang untuk pergi dari kampung halamannya masing-masing menuju ke Yerusalem.
  3. Hari Raya Tabernakel bukan waktu untuk mudik hari raya.
  4. Hari Raya Tabernakel (Sukkot/ Pondok Daun) adalah saat di mana malaikat Jibril mendatangi Zakharia.

Istilah

(i)Hari Raya Menuai: Hari Raya Tabernakel alias Hari Raya Sukkot alias Hari Raya Pondok Daun

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s