Kronografi 354 Masehi: Natal Kristus 25 Desember

 

Hiasan pada kronografi/ kalender tahun 354 M pada halaman bulan desember.
Hiasan pada kronografi/ kalender tahun 354 M pada halaman bulan desember.

Kronografi adalah kalender kuno Rumawi. Kalender 354 ini mendaftar tempat-tempat pemakaman para martir umat Kristus Barat (Depositio martyrum). Urutan hari peringatan para martir tersebut tersusun dimulai dari tanggal Natal Kristus. Dalam Bagian 6: Kalender Filocalian tercantum:

VIII Kal. Ian. Natus Christus in Betleem Judeae

8 hari sebelum Kalender Januari Natal Kristus in Betlehem, Yudea

Dengan menggunakan cara perhitungan kuno, maka 8 hari sebelum kalender Januari Natal Kristus di Betlehem Yudea adalah tanggal 25 Desember.

Hari ke- Tanggal
1 1 Januari
2 31 Desember
3 30 Desember
4 29 Desember
5 28 Desember
6 27 Desember
7 26 Desember
8 25 Desember

Menariknya lagi, kronografi 354 tidak menyebut Natalis Solis Invicti, melainkan menyebutkan Natalis Invicti. “Natalis Solis Invicti” berarti hari lahir dewa matahari yang tak terkalahkan, sedangkan “Natalis Invicti” berarti hari lahir dia yang tak terkalahkan. “invicti” berasal dari kata “invictus” yakni kata umum yang dapat ditujukan kepada siapa saja yang tidak pernah kalah.

Dalam kaitannya dengan kalimat “Natus Christus in Betleem Judeae”, maka kata “invictus” ditujukan kepada Yesus Kristus, karena Allah membangkitkan Yesus Kristus sehingga hidup kembali dari wafatnya. Dengan demikian, Yesus Kristus adalah dia yang tak terkalahkan oleh kematian. Selain itu, Kronografi 354 pun menceritakan bahwa Hari Raya Dewa Matahari dirayakan pada tanggal 28 Agustus dan 19-22 Oktober, bukan 25 Desember.

Hingga tahun 354 Masehi, tidak ada bukti materi yang mendukung opini bahwa Sol Invictus atau Natalis Solis Invicti dirayakan tanggal 25 Desember. Malah, berlawanan dengan opini itu, bukti menunjukkan, Winter Solstice abad 1-4 Masehi tidak pernah jatuh tanggal 25 Desember. Artinya, Natalis Solis Invicti jatuh tanggal 25 Desember itu cuma opini nir bukti, kata tanpa fakta.

Simpulan

  1. Natalis Invicti merujuk Natalis Christi Invicti, bukan Natalis Solis Invicti. Kata “Invicti” merujuk pada Isa Al-Masih, bukan Sol.
  2. Kronografi 354 sinkron dengan bukti-bukti sebelumnya, bahwa Natal Kristus, Milad Al-Masih, jatuh pada tanggal 25 Desember.
Iklan

2 thoughts on “Kronografi 354 Masehi: Natal Kristus 25 Desember”

  1. Ping-balik: Natal 25 Desember

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s