Elisabet sepupu Maria

Injil menyebutkan bahwa Elisabet adalah sanak Maria. Terjemahan ini lebih pas daripada terjemahan dengan kata “saudara”. Sebab, kata “saudara” juga mencakup saudara dalam keluarga inti, sedangkan kata “sanak” hanya mencakup saudara di luar keluarga inti, sehingga lebih sesuai dengan kata συνγενες ‘sun-genes’.

Dan sesungguhnya, Elisabet, sanak (συνγενες ‘sun-genes’)-mu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. (Lukas 1: 36)

Kata συνγενες ‘sun-genes’ berasal dari kata συν ‘sun’ “bersama dengan” dan kata γενες ‘genes’ “keluarga, keturunan”. Sehingga, kata “συνγενες” ‘sun-genes’ secara literal berarti orang-orang yang bersama dengan keluarga/ keturunan, yaitu: kerabat/ sanak, saudara di luar keluarga inti, saudara dalam keluarga besar. Kata ini mencakup keponakan, bibi/ tante, paman, sepupu, baik yang dekat maupun yang jauh hubungannya dengan keluarga inti. Opsi paman tersingkir karena Elisabet itu perempuan.

Elisabet adalah συνγενες ‘sun-genes’ Maria, artinya, Elisabet adalah kerabat atau sanak Maria, bukan saudara kandung dalam keluarga inti Maria. Di sini kita mempunyai 4 petunjuk mengenai hubungan kekerabatan Maria-Elisabet.

  1. Kerabat atau sanak, yaitu saudara di luar keluarga inti, bukan saudara kandung.
  2. Selisih umur antara Maria dan Elisabet berada pada kisaran 50 tahun, jauh lebih tua Elisabet (Lihat posting berjudul “Usia saat Maria menikah” dan “Umur Zakharia“). Ini memperkuat pandangan bahwa Elisabet adalah sanak Maria, bukan saudara kandung Maria, pada poin 1 di atas.
  3. Elisabet adalah keturunan Harun (Lukas 1:5)

    Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. (Lukas 1: 5)

  4. Maria adalah keturunan Daud (Lukas 1: 32, Ibrani 7:14)

    Ia akan menjadi besar dan akan disebut Sang Anak yang datang dari Allah Yang Mahatinggi. Allah, Tuhan kita, akan memberikan kepada-Nya takhta Daud, nenek moyang-Nya.(Lukas 1: 32)

    Sudah sangat jelas bahwa Junjungan kita yang hakikatnya Ilahi itu berasal dari suku Yehuda, sedangkan tentang suku ini Musa tidak pernah mengatakan sesuatu pun mengenai imam-imam. (Ibrani 7: 14)

Mengingat Elisabet adalah keturunan Harun (garis silsilah ayah), Maria adalah keturunan Daud (garis silsilah ayah), dan mereka berkerabat, maka pernah terjadi pernikahan antarsuku dalam silsilah Maria atau silsilah Elisabet.

Menimbang faktor selisih umur sekitar 50 tahun antara Maria dan Elisabet, maka pernikahan antarsuku tersebut terjadi pada orangtua Maria, yaitu: Eli menikah dengan perempuan dari keturunan Harun. Elisabet adalah anak dari kakaknya ibu Maria.

Kekerabatan Maria-Elisabet. Elisabet sepupu Maria.
Hubungan kekerabatan Elisabet dan Maria: Elisabet adalah sepupu Maria.

Dengan demikian, Elisabet adalah sepupu Maria. Hal ini perlu kita ketahui sehubungan dengan peristiwa Natal atau Milad Al-Masih.

Dipandang dari garis keturunan ibu, Maria adalah keturunan Harun atau anak Harun. Namun, masyarakat Ibrani adalah masyarakat patrilineal, sehingga kesukuan Maria dihitung dari pihak ayah, bukan dari pihak ibu. Itu sebabnya Alkitab menyebut Maria bersuku Yehuda, bukan bersuku Lewi.

Terjemahan dengan kata “sepupu” telah digunakan dalam Alkitab terjemahan King James Version (KJV). Hal ini mengindikasikan tim penerjemah KJV menelusuri petunjuk seperti yang diuraikan di atas.

Simpulan

  1. Hubungan kekerabatan antara Maria dan Elisabet adalah sepupu.
  2. Maria dihitung bersuku Yehuda karena masyarakat Ibrani kuno adalah masyarakat patrilineal yang menarik garis keturunan dari pihak ayah, bukan dari pihak ibu, jika ibunya bukan pemegang pusaka keluarga.
  3. Dari garis keturunan pihak perempuan, Maria adalah keturunan Harun. Ibu Maria bukan pemegang pusaka keluarga untuk meneruskan klan, sehingga Maria melanjutkan klan ayah, yaitu klan Daud, yang bersuku Yahudi, bukan klan ibu, yaitu klan Harun, yang bersuku Lewi.

 

 

Iklan

6 thoughts on “Elisabet sepupu Maria”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s