Apakah asal muasal Natal dan perayaan Natal?

Soal

Apakah asal muasal Natal?

Jawab

Asal muasal Natal adalah kelahiran Isa Al-Masih alias Yesus Kristus (Matius 1: 24-25, Lukas 2: 7) yang dirayakan oleh para malaikat (Lukas 2: 13-14). Teladan malaikat tersebut kemudian dicontoh oleh para gembala (Lukas 2: 20) yang melihat fenomena tersebut.

Selanjutnya, teladan dari para gembala lantas dicontoh oleh umat Al-Masih generasi pertama (2 Timotius 2:8), sehingga perayaan Natal akhirnya menjadi tradisi turun-temurun. Selain bukti biblikal ini, ada pula bukti ekstra biblikal yang menunjukkan umat Al-Masih generasi pertama telah memperingati/ merayakan Natal, yaitu: Konstitusi Apostolik dari sekitar tahun 70 Masehi.

Teladan dari generasi pertama itu lantas diikuti oleh generasi kedua. Bukti yang mengindikasikan hal ini adalah catatan sejarah mengenai Misa Tengah Malam dalam kaitannya dengan St. Telesphorus pada sekitar tahun 126-137.1 Satu-satunya misa yang dilakukan pada tengah malam adalah misa Malam Natal. Maka, catatan sejarah ini berbicara tentang Natal yang dilakukan oleh umat Al-Masih generasi kedua.

Teladan dari generasi kedua diikuti oleh generasi ketiga, sebagaimana dibuktikan dengan tulisan Theofilus, bishop Kaesarea, pada tahun 168 M.

Teladan generasi ketiga diikuti oleh generasi selanjutnya, misal, bukti sejarah berupa tulisan Hippolytus dari tahun 225 Masehi. Begitu seterusnya, hingga akhirnya tiba pada jaman kita, abad 21 Masehi.

Inilah awal mula perayaan Natal yang kita kenal pada jaman kita sekarang.

Dalil Injil yang mendasari Natal Kristus atau Milad Al-Masih telah dibahas dalam posting “Alur Pemikiran Natal 25 Desember“.

Simpulan

Perayaan Natal 25 Desember dimulai dari perayaan kelahiran Yesus Kristus/ Isa Al-Masih oleh para malaikat dan gembala. Hal tersebut lantas diteladani oleh umat Al-Masih generasi pertama yang menurunkan peringatan/ perayaan Natal ke generasi kedua, begitu seterusnya.

 


 

Bibliografi

1http://catholicherald.com/stories/Was-Jesus-really-born-Dec-25,24876; akses 7/5/2015 22:23

Iklan

6 thoughts on “Apakah asal muasal Natal dan perayaan Natal?”

  1. Ping-balik: Natal 25 Desember

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s