Pohon Natal dan Drama Firdaus Abad Pertengah dari Oberufer

Tradisi drama Firdaus dari abad pertengahan bukan hanya ada di Ceski Krumlov, Republik Cheko, namun juga ada di desa Oberufer, perbatasan Hungaria dan Austria. Drama Firdaus dari Oberufer ini juga bertahan hingga abad 21 M. Malah, drama Firdaus versi desa inilah yang mendunia melalui penelitian seorang pakar Sastra bernama Karl Julius Schröer (1825-1894).

Kondisi desa dulu masih terpencil, saat Karl Julius Schröer tiba di situ dan mengangkatnya ke dalam kajian ilmiah yang mendunia. Kondisi terpencil ini menyebabkan tradisi-tradisi dari abad pertengahan lestari hingga berabad-abad, nyaris tanpa perubahan saat pertama kali dijumpai oleh penelitinya.

Sebagaimana khasnya drama abad pertengahan, drama Firdaus juga dinyanyikan, bukan dilafalkan seperti percakapan biasa. Jenis drama ini di Indonesia disebut drama opera.

Lagu-lagu yang dilantunkan dalam drama itu diwariskan secara turun-temurun melalui jalur keluarga. Jadi, setiap keluarga mempunyai peran yang khas dalam drama itu. Naskah drama lengkap sebagai satu kesatuan tidak ada. Yang ada, naskah itu terpencar-pencar di setiap keluarga yang berbeda, sesuai dengan peran yang dimainkan oleh keluarga tersebut.

Schröer mengumpulkan naskah yang terpencar-pencar itu beserta bagian drama atau lagu yang diwariskan secara lisan tanpa dituliskan. Kemudian ia melakukan analisis kritik teks. Hasil penelitiannya kemudian dipublikasikan dalam buku “Deutsche Weihnachtspiele aus Ungarn” (Drama Natal Jerman dari Hungaria) pada tahun 1857/1858. Oberufer pada jamannya termasuk wilayah Hungaria.

Pohon Natal yang dipopulerkan oleh Amerika Serikat berasal dari Inggris. Inggris mendapatkan mainan pohon Natal saat raja Inggris menikah dengan seorang putri dari Jerman. Jerman menerima mainan pohon Natal ini dari drama Natal yang masuk ke Jerman dari Hungaria.

Sejarah ini menunjukkan bahwa mainan Pohon Natal semula adalah properti drama Firdaus yang merupakan bagian dari tradisi pementasan drama Natal setiap bulan Desember menjelang Natal 25 Desember.

Simpulan

Bukti menunjukkan:

  1. Asal mula pohon Natal adalah properti drama Natal tradisional yang sangat populer sejak abad pertengahan.
  2. Pohon Natal tidak ada hubungannya dengan ritual pagan Romawi kuno.
  3. Drama Firdaus versi Oberufer mendunia melalui penelitian Sastra yang pertama dimulai oleh Karl Julius Schröer.

Bibliografi

1Christmas play from Oberufer; akses 9/5/2015 13:00

2http://books.google.co.id/books?id=3Z0uAAAAYAAJ&hl=id&pg=PR1#v=onepage&q&f=true ; akses 9/5/2015 14:36

Iklan

6 thoughts on “Pohon Natal dan Drama Firdaus Abad Pertengah dari Oberufer”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s