Jumlah orang Majus

Soal

Berapa jumlah orang Majus yang mengunjungi kanak-kanak Isa/ Yesus? Apa benar ada 3 orang?

Jawab

3 orang itu adalah pemimpin rombongan. Jumlah orang dalam rombongan itu banyaknya sedemikian rupa sehingga dapat mengejutkan penduduk Yerusalem, ibu kota kerajaan Yudea kala itu.

Isa lahir di Baitlahim, wilayah Yudea, pada masa pemerintahan Raja Herodes. Lalu datanglah beberapa orang majusi dari Timur ke Kota Yerusalem. Mereka bertanya-tanya, “Di manakah raja bani Israil yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur, dan kami datang untuk sujud di hadapan-Nya.” Ketika hal itu didengar oleh Raja Herodes, terkejutlah ia dan juga semua orang yang tinggal di Kota Yerusalem. (Matius 2: 1-3)

Nubuat dalam Yesaya 60: 6 tentang kedatangan orang Majus juga mengindikasikan besarnya jumlah rombongan itu.

Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN. (Yesaya 60: 6)

Ayat ini menunjukkan, rombongan itu besar, karena gabungan rombongan dari kerajaan Midian (sekarang masuk Yordania), rombongan dari kerajaan Efa (sekarang masuk Arab Saudi), dan rombongan dari kerajaan Syeba (sekarang masuk Yaman). Setiap rombongan dipimpin oleh raja mereka masing-masing. Tidak diketahui apakah raja yang dimaksud itu raja negara atau raja klan.

Lukisan James Tissot menggambarkan 3 orang Majus sebagai pemimpin rombongan dari 3 negara.
Lukisan James Tissot menggambarkan 3 orang Majus sebagai pemimpin rombongan dari 3 negara.

Indikasi lainnya, mereka selamat melintasi daerah rawan kejahatan dengan membawa komoditas yang sangat mahal kala itu, yaitu emas, dupa harum (parfum kelas atas), dan myrrh (bahan obat kelas atas).

Dalam drama-drama Natal, biasanya hanya pemimpin rombongan saja yang dimasukkan ke dalam pentas. Hal ini tidak berarti jumlah mereka hanya ada 3 orang saja.

Iklan

One thought on “Jumlah orang Majus”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s