Apa beda Natal dulu dan sekarang?

Soal

Apa beda Natal dulu dengan Natal sekarang?

Jawab

Inti dari Tradisi Natal tidak berubah. Misalnya, menyanyi lagu Natal, berdoa, dan merenungkan kisah kelahiran Isa/ Yesus masih tetap sama.

Namun, ada perubahan pada Tradisi Pemeriah Natal dan Tradisi Anti-Natal.

Catatan sejarah dari abad 16-20 Masehi menunjukkan, Natal jaman dulu itu acara keluarga dan acara sosial, termasuk pesta rakyat (tarian rakyat, drama rakyat, kesenian rakyat, dsb) dan acara kumpul-kumpul kebersamaan, sedangkan Natal jaman sekarang lebih individual ketimbang Natal jaman dulu.

Natal jaman sekarang lebih sekuler. Disinformasi terhadap Natal selama berabad-abad melalui media massa raksasa dan cepatnya perkembangan Natal versi sekuler telah mengasuh dan membesarkan Tradisi Anti-Natal yang berpotensi menenggelamkan Tradisi Natal yang sesungguhnya.

Dibandingkan dengan berbagai hari raya dari macam-macam agama, Natal pada jaman sekarang jadi hari raya yang paling banyak diserang, baik serangan fisik (pemboman, penculikan, pembunuhan), serangan intelektual (disinformasi), spiritual, moral, politik (larangan merayakan Natal di sekolah dan tempat-tempat publik), dan juga serangan mental, baik dari dalam maupun dari luar.

Atheistikasi yang disamarkan dalam rupa sekularisasi jadi alat penting bagi upaya mengikis Natal dari masyarakat. Lihat Amerika Serikat. Negara itu kini tidak berbeda jauh dari negara komunis-atheis Uni Soviet. Perbedaannya, cara menegakkannya. Atheistikasi Uni Soviet dilakukan menggunakan sarana revolusi fisik, atheistikasi Amerika Serikat dilakukan menggunakan alat sekularisasi dengan  politik dan media massa sebagai jalan rayanya.

Di tengah serangan hujan peluru itu, mengherankannya, Natal masih juga bertahan!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s