Apa itu drama Firdaus?

Soal

Apa itu drama Firdaus?

Jawab

Drama Firdaus adalah drama abad pertengahan yang mengisahkan Kejadian 3 — kejatuhan Adam dan Hawa ke dalam dosa karena melanggar larangan Allah  dengan memakan buah Pengetahuan dan janji Tuhan untuk mendatangkan Sang Penebus Dosa yang akan dilahirkan melalui seorang wanita.

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (Kejadian 3:15).

Drama Firdaus dipentaskan dalam masa adven yang berlangsung sekitar 3-4 minggu menjelang Natal.

Drama Firdaus (Paradise Play) masih bertahan di Český Krumlov, Czechoslovakia, dari tahun 1290, pertama kali drama ini masuk ke daerah ini,  hingga tahun 1912. Di bawah pemerintahan komunis, drama ini dihentikan tahun 1948, namun hidup lagi tahun 1989 setelah komunisme runtuh.1 Berkat dokumentasi terhadap drama ini sebelum pelarangan, maka diketahui bahwa pohon Natal ternyata bersumber dari properti drama ini.
Drama Firdaus (Paradise Play) masih bertahan di Český Krumlov dan Oberufer dari sejak abad pertengahan.

Drama ini mendahului drama Natal yang mengisahkan kelahiran Yesus Kristus alias Isa Al-Masih sebagai pemenuhan atas janji Tuhan dalam Kejadian 3: 15.

Drama abad pertengahan ini sangat populer sampai-sampai penonton meniru pohon Firdaus dalam drama itu dan memelihara pawai Natalnya selama ratusan tahun kemudian.


Version

English | Bahasa Indonesia

 

Iklan

One thought on “Apa itu drama Firdaus?”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s