Fitnah: Natal dari adopsi ritual agama penyembah berhala

Fitnah

Natal adalah hasil adopsi (sinkretisasi) dari ritual keagamaan agama para pagan penyembah berhala.

Sebenarnya….

St. Ambrose menempatkan agama pagan sebagai lawan yang harus dipunahkan, bukannya mengadopsinya ke dalam jemaat.
St. Ambrose (340-397 M) menempatkan agama pagan sebagai lawan, bukannya mengadopsinya ke dalam jemaat. Maka, terbitlah dekrit Theodosius yang memerangi agama pagan. Dekrit ini adalah hasil lobinya pada Kaisar Theodosius.

Bukti sejarah menunjukkan, pada abad 4 Masehi, Paus Ambrose melobi Kaisar Romawi Theodosius untuk mengeluarkan dekrit yang menyiratkan perang terhadap paganisme. Lobi tersebut berhasil pada tahun 389-391 Masehi dengan dikeluarnya dekrit Theodosius oleh Kaisar Theodosius.1 Akibat dari agenda perang terhadap pagan ini, ritual-ritual pagan dihapuskan.

Dekrit Theodosius adalah bukti bahwa ritual pagan tidak diadopsi dan tidak disinkretisasi ke dalam jemaat, melainkan dilarang dengan maksud untuk dihapuskan.

Bukti lainnya berasal dari khotbah Paus Leo I pada abad 5 Masehi. Khotbah Natal tersebut menunjukkan perlawanan dari pemimpin aliran Theologi Barat terhadap ritual pemujaan agama Dewa Matahari, dengan demikian, menyiratkan perayaan pagan berdiri sendiri di luar jemaat. Mereka berada di pihak yang berlawanan dan saling berhadap-hadapan.

Bukti-bukti sejarah dari abad 4-5 Masehi menyiratkan cara berpikir ekstrim dari para pemimpin umat pada 4 Masehi, yaitu: agama pagan adalah lawan yang harus diperangi dan dihapuskan serta ditindak secara keras, bukannya untuk diadopsi atau disinkretisasi. Cara berpikir ini mengisyaratkan bahwa para pemimpin umat abad 4-5 Masehi berasal dari golongan ekstrimis radikal yang menolak berkompromi dengan agama-agama pagan. Cara pandang terhadap agama pagan ini direformasi dalam Konsili Vatikan II pada tanggal 7 Desember 1965.

Tuduhan bahwa Natal adalah hasil adopsi (sinkretisasi) dari ritual keagamaan agama para pagan penyembah berhala adalah fitnah.


Bibliografi

1http://www.maat.it/livello2-i/editti-teodosio-i.htm ; akses 24 Mei 2015

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s