Bintang Daud adalah simbol Nabi Daud

A. Latar belakang riwayat

Publikasi masif yang mengidentikkan bintang Daud dengan Israel mengakibatkan banyak orang (khususnya orang-orang yang awam dengan simbologi) mengira simbol bintang Daud adalah simbol sebenarnya dari bangsa Israel, padahal bintang Daud sebenarnya adalah simbol Nabi Daud.

Pernah lihat simbol bintang Daud? Ini gambarnya:

Bintang simbol Nabi Daud
Bintang simbol Nabi Daud

Bintang Daud, menurut riwayat lisan, diukir pada perisai Nabi Daud saat menjadi raja Israel pada abad 10 SM. Oleh karena itu, simbol bintang Daud juga dikenal dengan nama “Perisai Daud”.

Isa Al-Masih berasal dari silsilah Daud, sehingga banyak umat Al-Masih menggunakan simbol Nabi Daud ini dalam makna bahwa Isa Al-Masih adalah keturunan Nabi Daud.

B. Masalah mulai muncul

Bintang Daud menjadi simbol Nabi Daud selama ribuan tahun tanpa masalah. Masalah mulai muncul pada tahun 1945 saat para pendiri negara Israel memilih menggunakan simbol bintang Daud sebagai simbol negara Israel politik. Akibat dari pilihan ini, simbol Bintang Daud kemudian lebih dikenal orang dengan asosiasi bid’ah: simbol Israel. Padahal, simbol Israel yang sebenarnya bukan Bintang Daud, melainkan Menorah.

Simbol sebenarnya bangsa Israel dari sejak Nabi Musa, Daud, Isa, hingga saat ini adalah menorah (tempat lilin bercabang 7), bukan bintang Daud.
Simbol sebenarnya bangsa Israel dari sejak Nabi Musa, Daud, Isa, hingga saat ini adalah menorah (tempat lilin bercabang 7), bukan bintang Daud.

Simbol Israel dari sejak jaman Nabi Musa hingga saat ini adalah Menorah (Tempat lilin bercabang 7). Bahkan, pada jaman Nabi Daud sekalipun, lambang Israel adalah Menorah. Simbol bintang Daud adalah emblem pribadi Daud, bukan emblem negara. Singkatnya, arti dari bintang Daud adalah Daud, bukan bangsa Israel, bukan kerajaan Israel.

✡ = Nabi Daud

C. Siapakah yang dapat menggunakan lambang Nabi Daud?

Siapakah yang dapat menggunakan lambang Nabi Daud? Orang-orang yang mengakui bahwa kenabian Daud dan mengimani kitab Zabur atau kitab Mazmur. Orang beriman yang menggunakan simbol ini merujuk ke Nabi Daud, bukan merujuk ke negara Israel modern. Misal, jika Abu menggunakan lambang bintang Daud, maka hal itu berarti si Abu mengakui kenabian Daud dan kitab Zabur atau Mazmur dari Nabi Daud.

D. Kenapa banyak orang di Indonesia mengidentikkan lambang Nabi Daud ini dengan negara politik Israel? Apa akibat bagi simbol ini?

Praktek politik busuk di Indonesia berupaya mempersempit simbol bintang Daud jadi simbol negara politik Israel. Akibatnya, simbol bersejarah ini akhirnya dipahami keliru oleh masyarakat yang termakan tipu daya politik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s