Menurut bukti, jadwal piket rombongan imam dimulai Av atau Nisan?

Soal

Piket rombongan imam dimulai Av atau Nisan?

Jawab

Av.

Setelah Ezra tiba di Yerusalem dari Babil pada bulan kelima, yaitu bulan Av, dia menegakkan piket rombongan imam sebagai syarat untuk ibadah. Dia melakukan hal tersebut berdasarkan hukum Allah dalam kitab suci.

Lalu tibalah ia di Yerusalem pada bulan kelima, yakni pada tahun ketujuh zaman raja itu. Tepat pada tanggal satu bulan pertama ia memulai perjalanannya pulang dari Babel dan tepat pada tanggal satu bulan kelima ia tiba di Yerusalem, oleh karena tangan murah Allahnya itu melindungi dia. Sebab Ezra/ Uzair telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. (Ezra 7:8-10)

Ayat ini mengindikasikan bahwa piket rombongan imam dimulai bulan Av (bulan kelima), bukan bulan Nisan (bulan pertama). Rabbi Yose ben Halafta (150 AD) memperkuat Ezra 7: 8-10 dengan bersaksi bahwa rombongan imam pertama pada abad 1 Masehi piket pada bulan Av.

Dari mana kita tahu bahwa Bait Allah kedua juga hancur pada tanggal 9 Av? Kami telah mempelajarinya di Boraitha: ‘Sebuah peristiwa bahagia disematkan kepada suatu hari di mana peristiwa bahagia yang lain terjadi, sementara bencana dianggap berasal dari hari ketika musibah lain terjadi,’ dan diceritakan bahwa ketika Bait Allah yang pertama dihancurkan, hal itu terjadi pada malam sebelum tanggal 9 Av, yang juga merupakan malam dekat Sabat dan juga menutup tahun Sabat. Yang bertugas pada waktu itu adalah dari Yehoiarib/ Yoyarib, dan orang-orang Lewi bertilawat pada tempat yang tepat, pada saat membaca bagian xciv: 23 [Mazmur 94:23]: “Ia akan membalas kepada mereka perbuatan jahat mereka, dan karena kejahatan mereka Ia akan membinasakan mereka; TUHAN, Allah kita, akan membinasakan mereka”; dan mereka tidak punya waktu sampai akhir bagian yang menyimpulkan, ‘Ia akan membinasakan mereka; TUHAN, Allah kita, akan membinasakan mereka’, sebelum musuh masuk dan menguasai Bait Allah. Hal ini terjadi juga pada kehancuran Bait Allah yang kedua.1

Perhitungan kelahiran Isa/ Yesus yang hasilnya bulan September atau Oktober didasarkan asumsi keliru bahwa piket rombongan imam dimulai bulan Nisan. Padahal, kenyataannya, Ezra 7: 8-10 dan kesaksian sejarah menunjuk bulan Av sebagai bulan dimulainya piket rombongan imam. Dengan demikian, Alkitab memberi petunjuk bahwa Natal berlangsung tanggal 25 Desember 5 SM Kalender Julian.


Bibliografi

1http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/Talmud/taanit4.html; akses 26/4/2015 19:13

Version

English | Bahasa Indonesia

Iklan

One thought on “Menurut bukti, jadwal piket rombongan imam dimulai Av atau Nisan?”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s