Apa Maria naik keledai dari Nazaret ke Betlehem?

Soal

Apa Maria naik keledai dari Nazaret ke Betlehem?

Jawab

Dia lebih mungkin naik gerobak kayu yang ditarik keledai.

Pembahasan

Yusuf tidak mampu membeli anak domba sebagai hewan kurban. Ini menyiratkan, mereka tidak mampu membeli kendaraan mahal, seperti kuda, lembu, dan unta. Hewan yang paling umum dan paling murah dipakai oleh rakyat jelata pada jamannya adalah keledai. Dari latar sosial ini, kita mendapat gambaran bahwa Maria menaiki keledai dari Nazaret ke Betlehem. Dan latar sosial ini pula yang menyebabkan berbagai lukisan tentang perjalanan Maria menggambarkan Maria menaiki keledai.

Bagaimanapun,  kita perlu mempertimbangkan profesi Yusuf sebagai tukang kayu.

Bukankah Ia adalah anak seorang tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maryam dan saudara-saudara-Nya adalah Yakub, Yusuf, Simon, dan Yuda? (Matius 13: 55)

Sebagai tukang kayu, Yusuf punya kemampuan untuk membuat gerobak kayu yang digunakannya untuk mengambil kayu atau pohon dari hutan atau pasar ke bengkel kerjanya dan mengantarkan produk jadinya ke pasar atau ke rumah pembelinya. Produk-produk kayu yang berukuran besar, seperti pintu, lemari, meja, perlu gerobak untuk mengantarkannya ke rumah pembelinya.

Dengan menggabungkan informasi latar sosial dan profesi Yusuf, kita mendapatkan gambaran tentang gerobak kayu yang ditarik oleh keledai.

Maria mungkin naik gerobak kayu yang ditarik keledai kepunyaan Yusuf ini untuk menempuh perjalanan dari Nazaret ke Betlehem dalam keadaan hamil tua.

Alasan lain untuk gambaran ini: ada risiko keguguran yang lebih tinggi bagi ibu hamil tua yang berjalan kaki jarak jauh atau yang naik punggung keledai dalam jarak jauh selama 4-7 hari. Menaiki gerobak kayu yang ditarik keledai lebih aman bagi ibu hamil tua dan janinnya, terlebih bila gerobak kayu itu diberi alas empuk, seperti tumpukan jerami, kain, bantal, dsb.

Kendaraan ini nantinya juga berguna membawa mereka mengungsi dari Betlehem ke Mesir.


Bibliografi

1http://www.spiritualjourneys.org.uk/pdf/cwtravel.pdf; akses 31 Mei 2015

2http://www.studylight.org/dictionaries/hbd/view.cgi?n=340; akses 31 Mei 2015

 Version

English | Bahasa Indonesia

Iklan

One thought on “Apa Maria naik keledai dari Nazaret ke Betlehem?”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s