Kenapa Yusuf mempertimbangkan untuk meninggalkan Maria?

Soal

Kenapa Yusuf mempertimbangkan untuk meninggalkan Maria?

Jawab

Ketika Yusuf bertemu Maria sepulang Maria dari Elisabet, Maria didapatinya tengah mengandung anak dari Dzat Allah.

Inilah riwayat kelahiran Isa Al-Masih. Ketika Maryam, ibu-Nya, masih bertunangan dengan Yusuf, Maryam didapati telah mengandung karena kuasa Dzat Allah, walaupun Maryam dan Yusuf belum melakukan hubungan sebagai suami istri. (Matius 1: 18)

Setelah 3 bulan tidak ada kontak, Yusuf akhirnya bertemu dengan tunangannya dan kemudian ia melihat perutnya yang telah membesar. “Apa kamu hamil?” Maria lantas menceritakan pada Yusuf bahwa dia tengah hamil dengan janin berasal dari Dzat Allah langsung. Yusuf pun jadi tahu bahwa anak dalam kandungan Maria berasal dari Dzat Allah.

Apakah Yusuf percaya begitu saja cerita Maria?

Andai Yusuf langsung percaya , maka malaikat tidak perlu meredakan ketakutannya dan mengkonfirmasi cerita dari Maria. Nyatanya, Matius melaporkan bahwa malaikat datang untuk meredam ketakutannya dan mengkonfirmasi bahwa janin itu dari Dzat Allah (Matius 1: 20).

Tetapi sementara ia memikirkan hal itu, malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepadanya dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Hai Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut menerima Maryam sebagai istrimu, karena anak yang ada dalam kandungannya itu berasal dari Ruh Allah. (Matius 1: 20)

Konfirmasi dari malaikat menyiratkan keraguan Yusuf terhadap cerita Maria. Keraguan itu menuju ke dua pilihan:

  1. meninggalkan Maria diam-diam tanpa diketahui banyak orang.
  2. melaporkan Maria ke pengadilan, sehingga mengakibatkan Maria dipermalukan dan dijatuhi hukuman mati (dirajam dengan batu).

Yusuf sedang mempertimbangkan pilihan pertama ketika Malaikat datang kepadanya dan berkata agar dia jangan takut untuk mengambil Maria sebagai istrinya, karena janinnya itu dari Dzat Allah. Konformasi dari malaikat menghilangkan keraguannya, lalu dia mengambil Maria sebagai istrinya.

Alasan di balik pertimbangan Yusuf untuk meninggalkan Maria adalah ketakutannya dan keraguannya berkenaan dengan janin dalam rahim Maria.


Version

English | Bahasa Indonesia

 

 

Iklan

One thought on “Kenapa Yusuf mempertimbangkan untuk meninggalkan Maria?”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s