Kenapa Nabi Isa Al-Masih hijrah ke Mesir?

Soal

Kenapa Isa Al-Masih hijrah ke Mesir?

Jawab

Yusuf, atas petunjuk malaikat Gabriel, membawa Maria dan bayi Isa alias Yesus hijrah ke Mesir agar tidak dibunuh oleh para tentara Raja Herodes Agung.

13 Sesudah orang-orang majusi itu melanjutkan perjalanan mereka, malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusuf dalam mimpi. Katanya, “Bangunlah, ambillah anak itu serta ibu-Nya, dan larilah ke Mesir. Kemudian tinggallah di sana sampai aku memberi kabar kepadamu, karena Herodes sedang mencari anak itu untuk membinasakan-Nya!”
14 Maka bangunlah Yusuf dan pada malam itu juga ia membawa anak itu serta ibu-Nya hijrah ke Mesir.
15 Mereka tinggal di sana sampai Herodes mati. Dengan demikian, genaplah firman yang disampaikan Tuhan melalui nabi-Nya, “Aku memanggil Anak-Ku dari Mesir.”
16 Setelah Herodes tahu bahwa ia telah diperdaya oleh orang-orang majusi itu, ia menjadi sangat marah. Ia memerintahkan orang-orangnya untuk membunuh semua anak laki-laki yang ada di Kota Baitlahim serta wilayah sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan keterangan mengenai waktu yang telah ia dapatkan dari orang-orang majusi.
17 Dengan demikian, genaplah firman yang disampaikan melalui Nabi Yeremia,
18 “Di Rama terdengar suara ratap tangis yang memilukan hati. Rahel menangisi anak-anaknya dan tidak mau dihibur sebab mereka telah tiada.” (Matius 2: 13-18)

Hal ini terjadi pada saat Isa Al-Masih baru berumur sekitar 3 bulan.

Tinggalkan komentar