Pembuktian Natal tidak jatuh pada Hari Raya Pondok Daun (September-Oktober)

Disinformasi

Elisabet, istri Zakharia, mengandung pada bulan empat, Tammuz (Juni/Juli), setelah Zakharia menyelesaikan tugasnya sebagai imam. Enam bulan sesudah itu, ketika Elisabet tengah mengandung enam bulan, Maria datang mengunjunginya (Lukas 1:36). Dari sini kita mengetahui bahwa Maria mulai mengandung saat kandungan Elisabet berusia enam bulan, kira-kira pada bulan sembilan Kislew (November/Desember). Empat puluh minggu kemudian, atau 10 bulan Yahudi, Maria melahirkan pada bulan tujuh, Tishri (September-Oktober), kurang lebih selama berlangsungnya perayaan Hari Raya Pondok Daun.

Sebenarnya….

Disinformasi tersebut menyiratkan salah perhitungan yang sangat sederhana tapi berdampak sangat besar, yaitu: asumsi implisit bahwa perhitungan jadwal piket rombongan imam dimulai dari bulan Nisan.

Salah asumsi sederhana ini lantas merembet ke hal-hal lain.

Berbeda dengan asumsi keliru itu, jadwal piket rombongan imam sebenarnya dimulai dari bulan Ab, bukan bulan Nisan. Indikasi mengenai hal ini nampak dalam kitab Ezra dan catatan Gemara dalam Talmud Yerusalem.

A. Menurut kitab Ezra (Uzair)

Ezra (Uzair) tiba Yerusalem pada sekitar abad 5 SM dan berupaya menegakkan kembali peribadatan di Yerusalem (Ezra 7:8-10).

8  Lalu tibalah ia di Yerusalem pada bulan kelima, yakni pada tahun ketujuh zaman raja itu.

9  Tepat pada tanggal satu bulan pertama ia memulai perjalanannya pulang dari Babel dan tepat pada tanggal satu bulan kelima ia tiba di Yerusalem, oleh karena tangan murah Allahnya itu melindungi dia.

10  Sebab Ezra/ Uzair telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. (Ezra 7:8-10)

Bulan kelima kalenderi Ibrani adalah bulan Av. Setiba di Yerusalem, Ezra melakukan berbagai persiapan agar ibadah di Bait Allah dapat kembali berjalan. Ibadah di Bait Allah perlu pelaksana, yaitu: rombongan imam. Maka, persiapan ibadah tersebut termasuk membentuk, melatih, dan mempersiapkan rombongan imam. Maka, kitab Ezra mengindikasikan piket rombongan imam dimulai dari bulan Av.

Siklus dalam kalender Ibrani.
Siklus dalam kalender Ibrani.

B. Menurut Talmud Yerusalem

Petunjuk dari kitab Ezra ini diperkuat oleh catatan historis dalam Talmud Yerusalem Traktat Taanith mengenai Puasa dan Hari Puasa yang mencatat perkataan Rabbi Yose Ben Halafta pada sekitar tahun 150 Masehi atau 80 tahun setelah penghancuran Bait Allah Yerusalem.

Dari mana kita tahu bahwa Bait Allah kedua juga hancur pada tanggal 9 Ab? Kami telah mempelajarinya di Boraitha: ‘Sebuah peristiwa bahagia disematkan kepada suatu hari di mana peristiwa bahagia yang lain terjadi, sementara bencana dianggap berasal dari hari ketika musibah lain terjadi,’ dan diceritakan bahwa ketika Bait Allah yang pertama dihancurkan, hal itu terjadi pada malam sebelum tanggal 9 Ab, yang juga merupakan malam dekat Sabat dan juga menutup tahun Sabat. Yang bertugas pada waktu itu adalah dari Yehoiarib/ Yoyarib, dan orang-orang Lewi bertilawat pada tempat yang tepat, pada saat membaca bagian xciv: 23 [Mazmur 94:23]: “Ia akan membalas kepada mereka perbuatan jahat mereka, dan karena kejahatan mereka Ia akan membinasakan mereka; TUHAN, Allah kita, akan membinasakan mereka”; dan mereka tidak punya waktu sampai akhir bagian yang menyimpulkan, ‘Ia akan membinasakan mereka; TUHAN, Allah kita, akan membinasakan mereka’, sebelum musuh masuk dan menguasai Bait Allah. Hal ini terjadi juga pada kehancuran Bait Allah yang kedua.1

Bukti ini menunjukkan jadwal piket rombongan imam Bait Allah Yerusalem dimulai dari bulan Ab, bukan bulan Nisan. Yoyarib adalah rombongan pertama imam yang bertugas. Mengenai rombongan imam dapat dilihat dalam 1 Tawarikh 24:7-18 sebagai berikut:

    1. Yoyarib
    2. Yedaya
    3. Harim
    4. Seorim
    5. Malkia
    6. Miyamin
    7. Hakos
    8. Abia
    9. Yesua
    10. Sekhanya
    11. Elyasib
    12. Yakim
    13. Hupa
    14. Yesebeab
    15. Bilga
    16. Imer
    17. Hezir
    18. Hapizes
    19. Petahya
    20. Yehezkel
    21. Yakhin
    22. Gamul
    23. Delaya
    24. Maazya.

Karena penghancuran Bait Allah Yerusalem terjadi pada tanggal 9 Ab 70M,  yaitu pada hari Sabat atau hari Sabtu, maka hal itu berarti, rombongan Yoyarib bertugas pada minggu yang dimulai tanggal 9 Ab hingga tanggal 16 Ab.

Injil juga memberi indikasi Natal bukan September-Oktober.

Simpulan

    1. Jadwal piket rombongan imam dimulai dari bulan Ab, sebagaimana yang dapat diketahui dari kitab Ezra dan Talmud Yerusalem.
    2. Anggapan Yesus lahir pada Hari Raya Pondok Daun antara lain disebabkan salah asumsi bahwa jadwal piket rombongan imam dimulai bulan Nisan. Asumsi ini tidak didukung oleh bukti dalil Alkitab maupun oleh bukti sejarah.
    3. Natal terbukti tidak jatuh pada bulan September-Oktober.

Bibliografi

1http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/Talmud/taanit4.html; akses 26/4/2015 19:13

Tinggalkan komentar