Yerusalem – Hebron

Zakharia bertugas di Bait Allah Yerusalem pada tanggal 15 Tishri 3756 dan tugas tersebut berakhir pada sekitar pukul 5:33 sore, akhir tanggal 15 Tishri 3756 sekaligus awal tanggal 16 Tishri 3756.

Sementara itu, rumah Zakharia berada di Hebron. Untuk mengetahui perkiraan waktu Zakharia tiba di rumahnya, kita perlu mengetahui jarak tempuh perjalanan darat dari Yerusalem ke Hebron beserta perkiraan waktu tempuh dengan jalan kaki.

Panjang jalan raya modern yang menghubungkan Yerusalem dengan Hebron adalah 41,8 km dengan waktu tempuh selama sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan mobil.

Panjang jalan tradisional yang menghubungkan Yerusalem dengan Hebron adalah 53,9 km dengan waktu tempuh selama sekitar 11 jam 35 menit dengan berjalan kaki.

Perkiraan waktu tersebut adalah perkiraan waktu jaman modern, di mana perjalanan dari Yerusalem ke Hebron sudah lebih baik ketimbang pada masa abad 1 Masehi. Jaman sekarang sudah relatif aman dari hewan buas semacam singa, harimau, serigala, dan beruang. Juga, penerangan untuk perjalanan malam hari pada masa sekarang sudah lebih baik dengan keberadaan senter yang tentu saja jauh lebih terang ketimbang pelita abad 1 Masehi.

Dapat kita katakan, waktu 11 jam 35 menit mungkin sedikit lebih cepat ketimbang waktu yang ditempuh manusia abad 1 Masehi yang berjalan kaki dari Yerusalem ke Hebron pada malam hari. Walau begitu, kita akan menggunakan waktu tempuh 11 jam 35 menit dalam pembahasan ini dengan asumsi bahwa manusia abad 1 Masehi menempuh perjalanan malam dari Yerusalem ke Hebron dengan lancar tanpa dihambat oleh hewan buas, perampok, tanpa kehabisan minyak pelita (bawa minyak cadangan), atau pun tanpa terhambat oleh kondisi jalan.


Version

English | Bahasa Indonesia