Tanggal Jibril (Gabriel) datang ke Zakharia

Lukas 1:10-11 adalah kunci untuk mengetahui tanggal lahir Isa Al-Masih (Yesus Sang Kristus). Ayat ini mengisahkan malaikat Jibril (Gabriel) datang ke Zakharia saat seluruh umat berkumpul dan sembahyang, sembari menantikan keluarnya Zakharia yang sedang bertugas membakar ukupan dari dupa harum dalam Bait Allah di Yerusalem.

10 Pada saat pembakaran dupa itu dilakukan, seluruh umat yang berada di luar memanjatkan doa.

11 Lalu malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepada Zakharia. Malaikat itu berdiri di sebelah kanan meja tempat pembakaran dupa. (Lukas 1:10-11)

Kata “seluruh” menjadi petunjuk awal sekaligus menjadi kata kunci untuk menyelidiki tanggal kehamilan Elisabet.

Ada 3 hari raya besar Israel yang memungkinkan seluruh umat dari seluruh penjuru Israel berkumpul di pelataran Bait Allah Yerusalem, yaitu hari raya Sukkot, Yom Kippur, dan Shabuoth.

Zakharia bertugas membakar dupa melalui pengundian (Injil Lukas 1:8-9). Sementara itu, pembakar dupa pada Yom Kippur adalah imam besar tanpa melalui pengundian. Maka, hari tersebut bukan Yom Kippur.

Zakharia termasuk dalam rombongan imam Abia.

Pada waktu Herodes menjadi raja wilayah Yudea, ada seorang imam bernama Zakharia. Ia termasuk rombongan imam Abia. Istrinya berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. (Lukas 1: 5, Terjemahan LAI)

Ilustrasi: Jibril (Gabriel) datang ke Zakharia
Ilustrasi: Jibril (Gabriel) datang ke Zakharia

Rombongan Abia adalah rombongan ke-8, sedangkan rombongan ke-1, yaitu rombongan Yoyarib, bertugas pada minggu kedua bulan Av. Hal ini dapat diketahui dari Ezra 7: 8-10 dan kesaksian Rabbi Yose ben Halafta (± 150 M). Di antara rombongan imam ke-1 hingga ke-8, terdapat hari raya Rosh Hashanah dan Yom Kippur di mana seluruh rombongan imam bertugas bersama-sama. Maka rombongan imam Abia bertugas pada minggu ke-9 (= 8 + 1), terhitung dari minggu ke-2 bulan Av, yaitu minggu ke-3 bulan Tishri, yaitu pada Hari Raya Sukkot.

Maka, Jibril datang ke Zakharia pada Hari Raya Sukkot, bukan Hari Raya Shabuot.

 Simpulan

Jibril datang ke Zakharia pada Hari Raya Sukkot, yaitu tanggal 15 Tishri 3756 Kalender Ibrani atau 26 September 6 SM Kalender Julian.


Version

English | Bahasa Indonesia

 

Iklan

10 thoughts on “Tanggal Jibril (Gabriel) datang ke Zakharia”

  1. Ping-balik: Natal 25 Desember

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s