Kronologi Sinterklas: Dari sejarah ke seni, ke bisnis

 Tahun  Peristiwa
270-280 St. Nikolas yang lebih terkenal dengan nama Sinterklas, lahir di desa Patara, Lycia, di pantai selatan Asia Kecil (sekarang masuk negara Turki).
sekitar 300 Ditahbiskan menjadi bishop pada usia muda dan menjabat selama beberapa dasawarsa. Dia dikenal murah hati. Misal, membebaskan budak, menebus anak-anak yang dijadikan jaminan hutang oleh orangtuanya, membebaskan orang yang dipaksa jadi pelacur karena hutang, dsb. St. Nikolas juga dikenal meruntuhkan kuil Artemis di Myra. Hal ini mungkin terkait dengan praktek pelacuran bakti sebagai bagian dari ritual di kuil tersebut.

Artfak koin yang menggambarkan kuil Artemis di Myra yang diruntuhkan oleh Sinterklas.
Artfak koin dari abad 4 Masehi yang menggambarkan kuil Artemis di Myra yang diruntuhkan oleh Sinterklas.
 325 Menghadiri Konsili Nicea 1.
6 Desember 343 Wafat di Myra, Turkey.
sekitar 400 Dihormati oleh mazhab Theologi Timur.
sekitar 540 Basilika dibangun di makamnya.

Center of Basilica built on tomb of St. Nicholas.
Bagian tengah Basilika yang dibangun pada makam St. Nikolas. Saat ini situs bersejarah ini dalam kondisi terlantar dan hanya digunakan 1 tahun sekali pada hari peringatan wafatnya Sinterklas.
842 Metodius, Bishop Konstantinopel, menuliskan kehidupan St. Nikolas yang diwariskan secara lisan.
850 Klerus dari Katedral Cologne yang memperingati kematian St. Nikolas dengan memberikan buah dan kue pada anak-anak yang bersekolah di lingkungan katedral.Tradisi ini di kemudian hari menyebar ke seluruh Eropa dan jadi tradisi Eropa dalam musim Natal.
 987 Jadi santo favorit di Rusia saat Tsar Vladimir I memeluk Isa Al-Masih. Folklor mengenai St. Nicholas dari Rusia kemudian menyebar ke berbagai negara Eropa. Ratusan tahun kemudian, Clement Clarke More pada tahun 1823 menulis puisi fiksi mengenai St. Nikolas alias Sinterklas yang digambarkan dari Kutub Utara. Pada masanya, Kutub Utara masuk wilayah Rusia.

St. Nicholas.
St. Nicholas.
 9 Mei 1087 Para nelayan Italia mengambil tulang-belulangnya di Myra dan membawanya ke Bari, Italia. Peristiwa ini diperingati dengan festival St. Nicholas di Bari, Italia, dari sejak saat itu hingga abad 21 ini. Pengambilan tulang-belulang ini nampaknya terkait dengan makin sulitnya berziarah ke makam St. Nikolas pada masa itu.

St. Nicholas festival in Bari, Italy has been held since 1087 to commemorate his relic arriving at Bari, Italy.
Festival St. Nikolas di Bari, Italia telah dilangsungkan selama lebih dari 10 abad semenjak tahun 1087 hingga saat ini untuk memperingati kedatangan relik tulang Sinterklas ke Bari, Italia.
Sekitar  1100 Biarawati Prancis mulai memberikan permen dan berbagai hadiah ke anak-anak miskin pada tanggal 6 Desember. (Permen pada masa itu barang mahal. Hanya orang kaya yang bisa membelinya. Permen adalah hadiah mahal dan istimewa bagi anak-anak miskin pada masa itu.)
 1119 Kehidupan St. Nicholas ditulis oleh Jean, rahib dari Normandia.
 1410 Sinterklas telah menjadi subyek folklore selama berabad-abad. Namun bukti dalam rupa gambar yang masih bertahan hanya dari kartu pos tahun 1410.

Folkore on St. Nicholas in 1410 post card.
Folkor mengenai St. Nikolas alias Sinterklas di kartu pos tahun 1410.
6 Desember 1492 Christopher Columbus mendarat di Haiti dan menamai tempatnya mendarat pelabuhan “St. Nicholas”. St. Nicholas sudah lama dianggap sebagai patron pelaut Eropa masa itu. Ini pertama kali Sinterklas masuk ke Amerika.
 1809 Sejarah fiktif “Knickerbocker’s History of New York” memfiksikan St. Nicholas sebagai sosok elf.

This fictional literary work of art firstly depicted St. Nicholas as an elf.
Sejarah fiktif ini menggambarkan St Nikolas sebagai elf.
1821 Karya sastra pertama yang menuliskan folklore Sinterklas adalah buku ini: The Childres’s Friend.

First book materialized folklore of St. Nicholas into a book.
Buku pertama yang mengejawantahkan folklore St Nikolas jadi rupa buku.
 1823 Puisi fiksi “A visit from St. Nicholas” oleh Clement Clarke Moore memfiksikan St. Nicholas sebagai elf tua yang dapat terbang dan datang dari Kutub Utara yang pada masa itu masuk wilayah Rusia. Ini nampaknya terkait dengan St. Nikolas sebagai santo favorit di Rusia jaman dulu dan Rusia sebagai sumber folkore mengenai sinterklas.

Poem book
Poem book “A visit from St. Nicholas” by Clement Clarke Moore.
 1864-1886 Thomas Nast menggambar karikatur St. Nicholas berdasarkan puisi “A visit from St. Nicholas” karya Clement Clarke Moore.

Thomas Nast's St. Nicholas caricature, a prototype for modern St. Claus.
Karikatur karya Thomas Nast jadi prototip sinterklas moden.
1867 Amerika Serikat membeli Alaska di Kutub Utara dari Rusia. Keputusan ini menghasilkan citra “Santa Claus dari Amerika” dalam abad-abad berikutnya dan menghapuskan jejak Rusia dalam St. Nicholas versi Sastra.
 1931  Huddon Sunblom dan Coca-Cola membuat Sinterklas versi bisnis untuk iklan produk Coca-Cola. Sundblom membuat diinspirasi puisi “A visit from St. Nicholas” dan karikatur karya Thomas Nast. Namun, bedanya, dalam karya Sundbloom dan Coca-Cola ini, Sinterklas adalah manusia biasa, bukan elf. Inilah yang kemudian dikenal orang sebagai Sinterklas jaman modern.

Business-version caricature of St. Nicholas by Huddon Sunblom and Coca-Cola for advertisement purpose. This version dictates modern St. Claus all over the world. Remember, it is not about religion, instead, business.
Karikatur Sinterklas versi bisnis karya Huddon Sunblom dan Coca-Cola untuk tujuan iklan produk guna mendongkrak penjualan minuman Coca-Cola. Versi ini yang mendikte Sinterklas versi modern. Ingat, karikatur ini tidak ada hubungan dengan agama, dan hubungannya dengan bisnis.
1950s Coca-cola juga mengenal sinterklas versi sejarah.

Coca-cola knew original version of St. Nicholas. This caricature was closer to real St. Nicholas than American caricature of St. Claus.
Coca-cola juga kenal Sinterklas versi sejarah. Karikatur ini lebih dekat dengan sejarah ketimbang karikatur Sundbloom dan Thomas Nast. Namun, tidak banyak dipakai oleh perusahaan itu. Mungkin, terkait efektivitas iklan terkait penjualan produk mereka.
 1960-present  Coca-cola sukses meningkatkan penjualannya dengan menggunakan figur St. Claus. Hal ini memotivasi perusahaan-perusahaan lain untuk mengikuti jejak Coca-Cola. Strategi “Me too” akhirnya berdampak pada penyebaran karikatur sinterklas versi bisnis ke seluruh dunia.
2014 Rekonstruksi St. Nicholas historis berdasarkan tulang dan ikon oleh Professor Caroline Wilkinson dan Mark Roughley dari John Moore University.

Reconstructed historic St. Nicholas.
Reconstructed historic St. Nicholas.
2015 Ada 2 versi St Nicholas/ Sinterklas:

  1. Sinterklas versi sejarah (versi religious).
  2. Sinterklas versi karikatur-bisnis (versi sekuler).

Jangan mencampuradukkan mereka! Sinterklas sekuler tidak ada hubungannya dengan Sinterklas religius (St. Nicholas), Sinterklas sekuler hanya mengkarikaturkan Sinterklas sejarah.

Behind: Historical St. Nicholas. Left: Caricature-version of St. Nicholas by Thomas Nast. Right: Business-version St. Nicholas by Sundbloom and Coca-Cola
Belakang: St. Nikolas historis. Kiri: St. Nicholas/ Sinterklas versi karikatur oleh Thomas Nast.  Kanan: St. Nicholas/ Sinterklas versi bisnis oleh Sundbloom dan Coca-Cola

Bibliografi

1http://www.stnicholascenter.org/pages/who-is-st-nicholas/; akses 5/18/2015 2http://www.stnicholascenter.org/pages/timeline/; akses 5/18/2015 3http://www.liverpoolecho.co.uk/news/liverpool-news/liverpool-john-moores-university-professor-8234749; akses 5/18/2015 4http://www.livius.org/mu-mz/myra/myra2.html; akses 5/18/2015 5ttp://www.bargrad.ru/_mod_files/ce_images/photoalbum/generated/gal_130_47d295b3ja_43d10665tr_600x399_pc.jpg; akses 5/18/2015 6http://www.italydestination.com/en/event/39-saint-nicholas-celebration; akses 5/18/2015 7http://pastispresent.org/2009/good-sources/christmas-treasures-flip-through-the-pages-of-the-children%E2%80%99s-friend/ ; akses 5/4/2015 8http://brbl-dl.library.yale.edu/vufind/Record/3437144; akses 5/4/2015 9http://www.livius.org/mu-mz/myra/myra1.html; akses 5/18/2015


Version

English | Bahasa Indonesia

Iklan

6 thoughts on “Kronologi Sinterklas: Dari sejarah ke seni, ke bisnis”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s