Levirat — Ciri khas patrilinealisme Ibrani kuno

Skema kekerabatan levirat yang menjadi ciri khas patrilinealisme masyarakat Ibrani kuno.
Skema kekerabatan levirat yang menjadi ciri khas patrilinealisme masyarakat Ibrani kuno.

Praktek levirat telah berlangsung dari sebelum jaman Musa. Pada jaman Musa, praktek levirat diinstitusionalisasi dan diatur dalam Taurat (Ulangan 25: 5-10), sehingga dapat diperkarakan secara hukum bila ada yang melanggar.

5 “Apabila orang-orang yang bersaudara tinggal bersama-sama dan seorang dari pada mereka mati dengan tidak meninggalkan anak laki-laki, maka janganlah isteri orang yang mati itu kawin dengan orang di luar lingkungan keluarganya; saudara suaminya haruslah menghampiri dia dan mengambil dia menjadi isterinya dan dengan demikian melakukan kewajiban perkawinan ipar.
6  Maka anak sulung yang nanti dilahirkan perempuan itu haruslah dianggap sebagai anak saudara yang sudah mati itu, supaya nama itu jangan terhapus dari antara orang Israel.
7  Tetapi jika orang itu tidak suka mengambil isteri saudaranya, maka haruslah isteri saudaranya itu pergi ke pintu gerbang menghadap para tua-tua serta berkata: Iparku menolak menegakkan nama saudaranya di antara orang Israel, ia tidak mau melakukan kewajiban perkawinan ipar dengan aku.
8  Kemudian para tua-tua kotanya haruslah memanggil orang itu dan berbicara dengan dia. Jika ia tetap berpendirian dengan mengatakan: Aku tidak suka mengambil dia sebagai isteri  —
9  maka haruslah isteri saudaranya itu datang kepadanya di hadapan para tua-tua, menanggalkan kasut orang itu dari kakinya, meludahi mukanya sambil menyatakan: Beginilah harus dilakukan kepada orang yang tidak mau membangun keturunan saudaranya.
10  Dan di antara orang Israel namanya haruslah disebut: Kaum yang kasutnya ditanggalkan orang.” (Ulangan 25: 5-10)

Patrilinealisme levirat perlu kita pahami, sebab silsilah Isa Al-Masih meliputi orang yang lahir melalui praktek ini. Tanpa memahami hal ini, maka bagian silsilah tersebut dapat seolah berkontradiksi, padahal sebenarnya tidak. Kasus orang dengan levirat akan dibahas secara tersendiri pada judul lain.

Iklan

One thought on “Levirat — Ciri khas patrilinealisme Ibrani kuno”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s