Kemana Maria, Yusuf, dan Yesus pergi setelah Yesus lahir?

Soal

Kemana Maria, Yusuf, dan Yesus pergi setelah Yesus lahir?

Jawab

Mereka pergi pindahan dari gua kandang tempat Isa lahir ke rumah di dalam kota Betlehem. Orang Majus masuk ke dalam rumah saat mereka mengunjungi kanak-kanak Isa Al-Masih alias Yesus Kristus. Ini menyiratkan keluarga itu pindah tidak lama setelah Isa lahir.

Lalu masuklah mereka ke rumah itu, dan melihat anak itu dengan Maryam, ibu-Nya. Maka sujudlah mereka di hadapan anak itu. Mereka membuka tempat harta mereka dan mempersembahkan kepada-Nya persembahan berupa emas, sejenis damar wangi, dan dupa harum. (Matius 2: 11)

Kapan mereka pindah?

Isa disunat pada tanggal 1 Januari 4 SM Kalender Julian. Dalam konteks Ibrani kuno, sunatan punya fungsi religious dan sosial. Tetangga, kerabat, dan teman datang untuk merayakan acara sunatan tersebut dan makan bersama. Latar sosial ini mengindikasikan sunatan itu diselenggarakan dalam rumah di dalam kota, bukan dalam gua di luar kota dekat padang gembala. Selain itu, butuh persiapan untuk mempersiapkan hajatan itu setidaknya dari 1 hari sebelumnya. Karena itu, mereka pergi dari gua ke rumah dalam kota Betlehem pada suatu hari di antara tanggal 26 hingga 30 Desember 5 SM Kalender Julian.

Waktu dalam Kalender Julian Peristiwa Ref
25 Desember 5 SM Isa Al-Masih lahir dalam gua kandang. Lihat “Alur Pemikiran Mengenai Natal 25 Desember
Suatu hari antara 26 dan 30 Desember 5 SM Yusuf, Maria, dan Isa pindah ke rumah dalam kota Betlehem. Matius 2: 11
31 Desember 4 SM Persiapan sunatan  (hajatan religius dan sosial). Menimbang latar sosial Lukas 2: 21
1 Januari 4 SM Isa disunat Lukas 2: 21
Suatu hari antara tanggal 6/7 Januari dan 14 April 4 SM Orang Majus datang bertamu ke rumah di mana mereka tinggal. Matius 2: 11
2 Februari 4 SM Pentahiran Maria Lukas 2: 22

Version

English | Bahasa Indonesia